Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Pengelolaan keuangan dalam perencanaan bisnis dan pengelolaan keuangan merupakan momen yang sangat menentukan kelancaran suatu usaha. Jangan berharap sebuah perusahaan tumbuh pesat jika arus kas masih menurun. Sayangnya, kenyataan di lapangan menunjukkan sebaliknya.

Alih-alih perencanaan keuangan yang cermat, kebanyakan pemilik bisnis lalai dalam hal ini. Jika kondisi ini terus berlanjut, pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan keuangan perusahaan dan kebangkrutan dan kebangkrutan tidak dikesampingkan. Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada bisnis Anda, bukan? Berikut daftar kesalahan perencanaan keuangan yang harus dihindari.

1. Tidak Ada Rencana Keuangan

Perencanaan keuangan adalah hal pertama yang harus ada saat menjalankan bisnis apa pun, baik itu kecil, menengah, atau besar. Perencanaan keuangan yang baik dapat membantu Anda mengelola dan mengelola keuangan bisnis Anda untuk menghindari risiko kerugian atau kebangkrutan semaksimal mungkin.

Jika Anda ingin bisnis Anda terus berlanjut, mulailah dengan menyiapkan laporan keuangan yang jelas dan detail. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan yang Anda kelola.

2. Campur Aduk Uang Pribadi dan Bisnis

Mungkin terdengar sepele, tapi inilah alasan utama kegagalan bisnis. Ingat, jangan pernah mencampuradukkan uang pribadi dengan bisnis, apalagi menggunakan uang perdagangan untuk keuntungan pribadi.

Kebiasaan buruk ini tidak hanya menyebabkan arus kas berantakan, tetapi juga menyulitkan penyusunan laporan keuangan. Bisnis adalah bisnis, prinsip yang harus dipatuhi oleh setiap pengusaha.

3. Cashflow yang Berantakan

Kamu tahu? Anda tahu, arus kas memiliki dampak yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis. Biasanya, sebagian besar bisnis menghadapi kesulitan keuangan karena arus kas yang kacau dan tidak jelas.

Tetap berpegang pada anggaran yang disiapkan bila memungkinkan, catat pendapatan apa pun, buat pengeluaran yang wajar, dan pikirkan baik-baik sebelum membuat kebijakan, karena peraturan juga secara tidak langsung memengaruhi kesehatan keuangan perusahaan yang Anda kelola.

4. Tidak Paham Akuntansi

Akuntansi merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh setiap pemilik bisnis. Akuntansi akan membuat proses perencanaan dan pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan cara ini, Anda juga dapat menggunakan waktu, energi, dan pikiran untuk fokus pada hal lain yang sama pentingnya, seperti mengembangkan strategi pertumbuhan untuk bisnis Anda.

Bagaimana kalau Saya tidak Paham Akuntansi?

Jangan panik dulu. Jika Anda bukan ahli akuntansi. Kini hadir Finata, software keuangan bisnis dan pajak dengan fitur unggulan untuk mendiagnosis kesehatan perusahaan melalui laporan keuangan, serta menghitung kewajiban pajaknya.

Selain pembukuan dan pembukuan, Finata juga memiliki keunggulan penyesuaian keuangan untuk kebutuhan analisis pajak bisnis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi repot menghitungnya secara manual. Ayo, daftar sekarang. Seperti yang Anda ketahui, ada tawaran tiket masuk gratis selamanya!

https://blogs.uajy.ac.id/bisnisku/
https://blog.ub.ac.id/tutorbisnis/
http://blog.umy.ac.id/bisnisjurnal
https://blogs.itb.ac.id/septibisnis
https://blog.umsida.ac.id/rismabisnis
http://21296926.blog.unikom.ac.id/
http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/beurandeh8/
http://ekoprastyobudi.blog.unesa.ac.id/
https://blogs.uajy.ac.id/bisnisku/cara-mudah-beli-saham-perdana-melalui-e-ipo/
https://blog.ub.ac.id/tutorbisnis/cara-beli-saham-e-ipo/
http://blog.umy.ac.id/bisnisjurnal/kerja-online/
https://blogs.itb.ac.id/septibisnis/financial-detox-cara-anak-kost-seimbangkan-keuangan/
https://blog.umsida.ac.id/rismabisnis/pekerjaan-freelance/
http://21296926.blog.unikom.ac.id/prospek-kerja.8lo
http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/beurandeh8/aplikasi-chat-belajar-bahasa-inggris/
http://ekoprastyobudi.blog.unesa.ac.id/tips-investasi-emas-batangan-buat-anak-kost