Cara Daftar Prakerja

Cara Daftar Prakerja – Dimasa pandemi virus covid seperti ini banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian mereka. Semenjak virus covid-19 ini ada, banyak pekerja serta karyawan di Indonesia khususnya di berhentikan dari pekerjaan mereka.

Karena situasi yang seperti ini membuat banyak masyarakat Indonesia belum memiliki pekerjaan tetap alias menganggur. Dengan hal ini, pemerintah bekerja keras atas meningkatnya angka pengangguran di tanah air tercinta sehingga muncul lah kartu Prakerja.

Kartu Prakerja adalah program yang diciptakan untuk bisa mengembangkan kompeten kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia. Kartu Prakerja sendiri hadir pertama kali di tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan perilisan KIP Kuliah dan Kartu Sembako Murah.

Dengan adanya kartu ini pemerintah mengharapkan semoga bisa membantu para pekerja atau karyawan yang terkena PHK pada saat pandemi ini. Selain itu juga Kartu Prakerja hadir dengan tujuan bisa menjadi salah satu sarana pelatihan bagi warga negara yang belum memiliki keahlian apapun.

Pada era zaman digital ini, melakukan pendaftaraan Kartu Prakerja yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat secara online. Buat teman-teman semua yang belum mengetahui bagaimana sih Cara Daftar Prakerja ini, silahkan simak ulasan yang sudah di siapkan GreylitStrategies.info berikut ini.

Syarat Dan Ketentuan Mendaftar Kartu Prakerja

Sebelum kalian melakukan pendaftaraan data diri untuk bisa mendapatkan kartu Prakerja, sebaiknya kalian mengetahui apa saja syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Ada beberapa syarat dan ketentuan Cara Daftar Prakerja yang harus kalian penuhi untuk bisa mendaftar sebagai berikut.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Pemohon adalah warga Indonesia yang sedang mencari kerja, wirausaha dan korban PHK.
  3. Tidak sedang mendapat bantuan dari pemerintah berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM), dan lainnya.
  4. Berusia minimal 18 Tahun dan tidak sedang menjalankan pendidikan formal.
  5. Pemohon sendiri bukan orang yang bekerja sebagai anggota DPR/DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, anggota TNI/Polri, Kepala dan Perangkat Desa.
  6. Dalam satu keluarga atau KK (Kartu Keluarga) hanya diperbolehkan dua orang atau dua Nomor Induk Keluarga (NIK).

Perlu kalian ingat bahwa yang ingin mendaftar Kartu Prakerja wajib memenuhi aturan dan syarat ketentuan yang ada diatas.

Setelah memenuhi semua syarat dan ketentuan tersebut Cara Daftar Prakerja yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran Kartu Prakerja.

Cara Daftar Prakerja Secara Online

Di era yang seperti sekarang ini kalian tidak perlu repot-repot melakukan pendaftaran secara manual dengan cara pergi ke kantor pemerintahan untuk mendaftar. Karena kalian hanya perlu mendaftarkan diri untuk bisa membuat Kartu Prakerja secara online hanya menggunakan Smartphone saja.

Tentu dengan hadirnya teknologi ini akan memudahkan setiap masyarakat yang ingin mendaftar Prakerja tersebut bisa lebih menghemat pengeluaran mereka.

Untuk dapat mendaftar Kartu Prakerja seperti ini kalian akan melalui 3 proses tahapan yaitu pembuatan akun kamu, unggah berkas hingga tes seleksi dan pemilihan gelombang.

Agar kalian bisa mengerti proses Cara Daftar Prakerja dan tidak kebingungan, kami akan memberikan langkah-langkah proses mendaftar Kartu Prakerja ini.

Tahap Proses Pembuatan Akun

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah sebelum bisa mendaftar kamu harus melakukan proses pembuatan akun terlebih dahulu. Cara Daftar Prakerja untuk bisa membuat akun ini sangat mudah, kalian hanya memerlukan akun Email yang masih aktif, jika belum memilikinya silahkan dibuat dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah yang kami berikan untuk kalian ikut agar sukses melakukan proses pembuatan akun.

  • Silahkan kamu kunjungi situs resmi Prakerja atau bisa cari pada kolom internet dengan memasukkan URL “www.prakerja.go.id” .
  • Pilih “Ikon” yang terdapat di pojok kanan layar atas.
  • Selanjutnya pilih menu “Daftar Sekarang” atau “Buat Akun”.
  • Nah nantinya kalian akan diminta memasukkan data diri menggunakan “Email dan Password”.
  • Lalu silahkan ceklis dan klik “Buat Akun”.
  • Berikutnya buka Email kamu dan pilih menu “Kotak Masuk”.
  • Klik “Konfirmasi Pendaftaran” nantinya kalian akan kembali ke halaman situs Prakerja tadi

Cara Daftar Prakerja yang sangat mudah untuk kalian lakukan agar bisa menyelesaikan proses pembuatan akun untuk daftar Prakerja.

Tahap Unggah Berkas

Setelah kalian selesai proses membuat akun, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah tahap pengunggahan berkas. Kalian akan diminta untuk bisa mengunggah berkas berupa Kartu Keluarga (KK), Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengunggah berkas-berkas tersebut, silahkan ikuti Cara Daftar Prakerja yang kami berikan di bawah ini.

  1. Jika kalian sudah mendaftarkan akun langsung saja pilih “Login” ke dalam situs website resmi Prakerja.
  2. Silahkan isi data diri kalian yang diminta oleh pihak Prakerja untuk dapat memverifikasi.
  3. Berkas-berkas tersebut diantaranya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bisa kalian lihat pada KTP, lalu isi nomor KK, tanggal lahir serta yang lainnya.
  4. Unggah “Foto KTP” kalian.
  5. Selanjutnya kalian akan diminta memasukkan “Nomor Telepon” dan jika sudah pilih “Kirim”.
  6. Tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan kode OTP via SMS.
  7. Setelah itu masukkan “Kode OTP” pada kolom yang ada di situs.
  8. Kalian bisa melanjutkan dengan “Membuat Pernyataan Pendaftaran” lalu ikuti perintah selanjutnya.

Jika sudah berhasil mengunggah berkas tersebut, kalian akan melalui tahapan terakhir, untuk mengetahui apa tahapan terakhir kalian bisa simak dibawah ini.

Tahap Tes Seleksi dan Pemilihan Gelombang

Tahapan terakhir untuk bisa mendaftar Kartu Prakerja adalah dengan melalui tahapan tes seleksi dan pemilihan gelombang.

Adapun Cara – Cara Daftar Prakerja yang bisa kalian ikuti apabila ingin melakukan tahap terakhir agar bisa mendaftar Kartu Prakerja sebagai berikut.

  • Pertama “Login” pada akun Prakerja yang kalian punya.
  • Lalu nanti dilayar akan menampilkan secara otomatis menu yang digunakan untuk melakukan tes.
  • Jika sudah silahkan pilih “Mulai Tes Sekarang”.
  • Silahkan kalian isi tes tersebut dengan pilihan yang kalian anggap benar.
  • Jika sudah selesai, kemudian hasil dari jawaban kalian akan di evaluasi terlebih dahulu.
  • Setelahnya silahkan pilih gelombang mana yang kalian inginkan dengan cara memilih menu “Gabung”.
  • Klik “Saya Menyetujui” pada pernyataan yang ada di Prakerja tersebut.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Setelah melewati proses pendaftaran, kalian hanya perlu menunggu proses evaluasi dari proses pendaftaran yang telah kalian ajukan.

Jika berhasil lolos, nantinya kalian akan diberikan pemberitahuan melalui SMS atau melalui Email. Jika memang belum berhasil kalian bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya.

Mitra Pelatihan Prakerja

Buat kalian yang sudah berhasil lolos pendaftaran dan tes seleksi, kalian bisa melakukan pelatihan untuk menambah skill kalian. Selain Cara Daftar Prakerja, tujuan untuk meningkatkan kompetensi skill keahlian, kalian juga bisa melakukan pelatihan melalui laman Kartu Prakerja ini.

Ada beberapa platform mitra yang bisa kalian ikuti sebagai referensi dalam melatih skill keahlian, dibawah ini.

  • Sisnaker
  • MauBelajarApa
  • Pintaria
  • Bukalapak
  • Sekolahmu
  • Pijar Mahir
  • TokoPedia
  • Dan Lain Sebagainya.

Beberapa platform mitra tersebut lah yang sekarang ini bisa kalian ikuti, agar bisa mengetahui selengkapnya bisa kalian temui di situs “www.prakerja.go.id”.

Penutup

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan kali ini mengenai Syarat dan Ketentuan serta Cara Daftar Prakerja.

Semoga artikel GreylitStrategies.info kali ini bisa menambah informasi dan bermanfaat membantu kalian dalam mendapatkan pekerjaan. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya yah teman-teman.